Jumat, September 12, 2008

Skripsi, Sebuah Momok...dan Ladang Uang

Sisca, sohib kampus gue, bakalan sidang skripsi seminggu lagi. Kemaren malem dia SMS gue "Ca, kenapa ya aku deg2an menjelang sidang?"
Gue bales SMSnya "Wajar kali Sis deg2an kalo mau sidang. Ntar pas sidang malah jadi jeger-jeger kok. Kadang2 malah sampe Nguing-nguing kalo kamu semaput pas sidang trus digotong ambulans..."
Dia bales dengan cepat "Acaaaaaaaa!! Kamu bodoh!!"

Sidang skripsi emang jadi momok buat mahasiswa semester akhir. Penggarapan yang makan waktu berbulan2, plus penelitian, belom pula olah data, dan tentunya revisi, kadang bikin orang males untuk ngerjain. Paling parah sih kalo pas sidang. Sering diantara mahasiswa mengidentikkan sidang skripsi dengan "ladang pembantaian". Begitu masuk ruangan, keluar-keluarnya bakalan dengan muka pucat pasi. Entah itu karena kritikan tajam, ga bisa jawab pertanyaan, atau bahkan pernyataan tidak lulus dari penguji.
Ibarat arena gladiator, Colloseum nan megah, dimana mahasiswa sebagai sang galdiator harus bertarung dengan singa2 buas kelaparan. Ketika lidah kelu, ga bisa ngejawab pertanyaan, itulah saat dimana gladiator kehilangan pedang.
Diterkam.
Mati oleh pertanyaan-pertanyaan yang tak bisa terjawab.

Akhir2 ini, gue jadi sarana jujugan temen2 yang kesulitan dalam pengolahan data. Sebenernya, gue ga jago amat untuk urusan statistik. Tapi, entah kenapa banyak orang tersesat yang menunujuk gue untuk ngebantuin skripis mereka. Gue kebajiran tawaran dari temen untuk ngolahin data. Mereka selalu bilang, "Aca, aku bayar kamu 150ribu, asal kamu olahin dataku. Mau ya?"
Tawaran yang sangat menggiurkan bukan?
Gue langsung inisiatif pasang tarif, "Oke, karena elu temen gue, gue kasih harga 125ribu aja deh. Gimana?"
"Beneran sgitu? emang kalo bukan temen kamu, kamu kasih harga berapa?"
"Kalo bukan temen, gue pasang 50ribu."
"KOK MURAH YANG BUKAN TEMEN!?"
"Nah, makanya, berlomba2lah supaya jangan jadi temen gue."
"........Kacrut lu!!"
..........
.........
........
Toh, pada akhirnya, gue selalu milih untuk bilang "Gue sih, ga masalah lo mau kasih uang gue berapa. Tapi ketimbang lu keluarin duit buat olahin data ke gue, mending gue jarin elu aja deh. Lebih enak kan? Lu ga perlu bayar, lu juga jadi mudeng gimana ngolah data."
Gue bukan orang yang mementingkan sisi materi. Tapi gue lebih suka untuk transfer ilmu secara cuma2. Toh, lebih berguna buat gue dan dia kan?
Mumpung puasa, sapa tau bisa dapet pahala...
Banyak2 amal lah
Hehe...

10 komentar:

Chablina Kebo mengatakan...

PREMIUX... eh salah PERTAMAX...

...ternyata mas aca orang baik ya...

...ah, hujan mulai turun...

KaJe mengatakan...

wah2... ajarin gw statistik dong, dapet kuliah statistik nih semester ini...

ucii AUTISH mengatakan...

wah, mas aca yg baik ...
tapi, pas sidang kk uci, dosen pengujinya sering becanda lo.. jadinya seruangan pada ketawa2an.. serasa bkn sidang :D

bintang mengatakan...

alooww salam knal,,
manteb tuh prinsipnya..cihuyy !!

Syams mengatakan...

Salut juga nich ama Acha...
Pandai melihat peluang bisnis di sela-sela "penderitaan" kawan-kawan...he..he..he..becanda, jangan marah dong soalnya saya juga lagi kuliah memiliki "mata pencaharian" membantu olah data teman-teman...lumayan lah

aluna mengatakan...

acaaaa...kalo gitu bantuin skripsi punya gue aja yaaak...

pusing gue, kayaknya bikin skripsi lebih horor dibanding dikejar-kejar deadline...huahahaha..

diana bochiel mengatakan...

ah silit....gw salah masuk post ni
post yg model beginian ni...
yg mbahas ginian nih yg bikin gw
tambah takuuuuuuuuuuuuuuuut ngdepin sidang....kampret lu ca...

udah lulus diem aja ngapa segala ceritaain si siska yg takut sidang.
gw mbacanya siska gw ganti jd diana

hooooooo pucet gw abis baca ini..
tega lo

astri astronot mengatakan...

hey hey. . walopun saia blm kelar baca buku kmu . . uda tau klo kmu orangnya agak . . haha . . kidding deng . . smangat buat skripsinya yya !!

Deta mengatakan...

wah, mau juga donk dibantuin pas skripsi....
tapi masih semester 3 nieh,,,
hahahahha...

samaan lagi anak Ekonomi...
lam kenal yah...

ilal mengatakan...

bwt yg namanya sisca,ati2 aj tuh,jgn smpe data itu jdi lebih horor gra2 aca..
kalo aca nakal,cabut aj bulu hidungnya,cz disitulah letak kelemahan dia..hwahahaha..

*kaboooorrrr*