Rabu, Januari 04, 2017

Panggilan

​Tujuh belas tahun berdiam di lereng gunung merbabu, turun gunung menuju kota yang didirikan oleh Pangeran Pandan Arang. Mencari bekal disana selama empat tahun. 

Ada petualangan  yang memanggil. Tanah Sunda merayu saya untuk datang dan meminta  untuk tinggal. Dua setengah tahun. Memang tidak lama, tapi kenangannya masih berbekas sampai sekarang. 

Dari tanah Sunda, singgahlah saya sebentar sekedar menikmati Cotto dan Palu Basa. Enam bulan saja. 

Karena Borneo memberikan undangan. Jelajahi. Sampai ke ujung. Sampai kamu puas. Tawarannya tak bisa ditolak. 

Lima setengah tahun. Sampai kemudian, datanglah panggilan lain. Dari kota yang terendap lumpur. 

Kali ini, Jawa Timur menunggu saya

Salatiga.... 

Maaf, meskipun sungguh saya ingin pulang dan mendekapmu, petualangan saya masih belum boleh berakhir. 

Setidaknya, bukan di Jawa Timur.

Karena, saya ingin awal dan akhir yang sama. Memulai darimu dan mengakhirkan semua di kamu. Lalu, saya akan punya banyak kisah untuk diceritakan. 

Tidak ada komentar: