Sabtu, Juli 19, 2008

Review Buku : The Maling Of Kolor


Gue dapet banyak ucapan selamat pasca cetak ketiganya MMB. Gue ucapin banyak terima kasih untuk semua ucapannya. Maaf yah ga bisa balesin ucapan yang dikirim lewat email (makanya lewat blog sekalian aja de)

Gue mau review novel dulu ni. Tumben banget ya gue review buku disini. Gue lebih sering review buku di akun goodreads gue si. Tapi, yang ini spesial nih. Gue ngereview novel yang sedang menata jalan menuju best seller...
The Judul Of The Novel adalah The Maling of Kolor by Roy Saputra
Sigh...baca judulnya aja mungkin membuat orang bertanya-tanya "Buku Rohani apa lagi ini??"
Tentu saja sangatlah tidak nyambung, karena ini bukan buku rohani. Untuk dunia permalingan, buku ini sangat mengegerkan. Sedangkan untuk dunia hitam, buku ini tidak kelihatan (ya iyalah, namanya juga dunia hitam, gelap kan...).
Cukup basa-basinya...

Secara garis besar novel ini bergenre komedi. Ada nuansa persahabatan yang kental dalam cerita ini. Terkisah 3 orang sahabat yang dengan sangat terpaksa memilih jalan menjadi Maling. Yanto, diceritakan sebagai bos maling, dengan sifatnya yang sedikit bloon dan sangat punya rasa tanggung jawab pada anak buahnya si Cuplis yang punya banyak utang judi dan sok bisa bahasa Inggris. Mereka mendapat orderan dari seorang wanita untuk mencuri sebuah kolor. Dari sinilah awal petualangan mereka dimulai. Diceritakan mereka membuka audisi partner maling amatir untuk melengkapi personelnya dalam kisah pencurian kolor. Terpilihlah si Ujang, pemuda lugu dari desa, yang mempunyai ambisi kerja di Jakarta demi mendapatkan cinta Mujaroh (terdengar mengerikan bukan?? Muja-Roh?? gue aja terbahak2), seorang gadis di desa idaman Ujang.

Sebagai pembaca, gue sangat terkesan dengan penulis yang mampu menyuguhkan alur yang menarik. Alur yang jelas, dan runut, serta dibeberapa bab memberikan penekanan khusus pada penjelasan karakter masing-masing tokoh utama, membuat pembaca seakan lebih mengenal tokoh-tokoh dalam novel TMOK ini. Penulis memberikan gambaran detail terhadap para tokoh, karakter yang kuat, meski ada sedikit keganjilan di beberapa cerita (misalnya Ujang yang ditokohkan sebagai orang yang lugu dan jarang naik darah, tiba-tiba memaki kuli panggul di pasar atau Cuplis yang dari awal cerita sampai akhir sedikit melupakan ke-sok-an inggrisnya), namun dialog-dialog cerdas dan jenaka membuat kekurangan2 itu hanyalah sekedar noda yang bisa dihapus oleh tawa (dan tentunya footnote yang kadang bikin senyum-senyum sendiri...lucu).

Kekayaan perbendaharaan kata juga membuat pembaca jarang menemukan kata-kata yang itu-itu saja (secara tidak langsung, seperti merepresentasikan kecerdasan penulis dalam pengolahan kata).

Overall, gue pikir ini adalah novel komedi yang lucu abissssss (gue tertawa ngakak, kecuali bagian surat dari Mujaroh). Komedi yang cerdas, tidak hanya mengandalkan dialog lucu, namun komplit dari alur, penokohan dan tentu saja pesan yang terkandung didalamnya. Bahwa, persahabatan memang tidak selalu indah, namun persahabatan membuat kita tak pernah merasa sendiri didunia ini, bahwa persahabatan adalah kepercayaan yang harus dijaga, dan bahwa maling kolor itu sungguh pekerjaan yang nista.

Akhirnya, sebagai penutup, buat kalian yang suka baca, jangan lewatkan novel TMOK ini di rak buku kalian.
Dijamin : NGAKAK!!
NB : penjaminnya adalah pengarangnya sendiri, bukan gue...hehe



17 komentar:

diana bochiel mengatakan...

pertamax..

huaaa aca juga ikuatn ngereview nih buku...Na udah baca dunk..
udah beli..hehehe..kasian si ujang yah..klo ganteng sama Na aja deh..
hehehe

katakdankodokbersaudara mengatakan...

waaaa, aca, makasi ya reviewnya!

jadi terharu. hiks.

ered3551 mengatakan...

emmmm,

ilal mengatakan...

bagus nggak niyh?
asal jgn ky buku yg lo tulis..
bsa2 gue mati ketawa nih...
hahaha....

kertaslecek mengatakan...

nanti kalo ke gramed, beli ah

u.n.e.e mengatakan...

ca... eike ganti blog yes...

Don Danang mengatakan...

saingan review gue nih. Uhui dapet lawan juga gue...

ayii si ulet jail mengatakan...

halo aca..

gue tadinya mau beli the maling of kolor.. tapi di sebelah buku itu, ada buku lo..

jadinya gue beli buku lo..
hahah

thiw 968 mengatakan...

ntar kapan" beli buku'y ah..
tapi beneran luthu kan?!

btw,kpan mas aca biqin buku yg laen

cumicungkring mengatakan...

gue jg ud ngeriview>>gak mo kalah heheg

Ari Kurniadi mengatakan...

wah, kayaknya buku bagus ntu...
harus bli....

Raka - "Sunny" mengatakan...

dibayar brp km ca sama si roy buat ngreview bukunya dia??! wakakakak!!!

raze_namikaze mengatakan...

Wuaaaa di gramed malang beluma ada !!! ato belum nemu yah ?? au ah ulap;

faizz mengatakan...

strategi marketing yang bagus nak, eniwei kemarin gue sempet liat buku itu digramed PIM, tapi belum minat beli secra duitnya buat beli novel yang lain, tapi tar mungkin gue beli kalau ada duit, kalau gak ada ya nyolong ajah!!!!!!! peacee......

][ Cireng Isi Keju ][ mengatakan...

mas ..
oh .. kolornya si bang roy yaa ??
kira2 hari ini dy pake kolor apa yaa ?
jadi pengen tau ...
ahahhahhaha
eh klo lw pake apa ??
hahahaha .. ko jadi polno ginyi ciw ??
mas .. komen2+main2 ke blog gw dong ...
pelit nih ..
hehehehe ...
be carefull

tikus_berkutang mengatakan...

boleh jg tuh bwt pelajaran bwt gw maling kutang!!

日月神教-任我行 mengatakan...

AV,無碼,a片免費看,自拍貼圖,伊莉,微風論壇,成人聊天室,成人電影,成人文學,成人貼圖區,成人網站,一葉情貼圖片區,色情漫畫,言情小說,情色論壇,臺灣情色網,色情影片,色情,成人影城,080視訊聊天室,a片,A漫,h漫,麗的色遊戲,同志色教館,AV女優,SEX,咆哮小老鼠,85cc免費影片,正妹牆,ut聊天室,豆豆聊天室,聊天室,情色小說,aio,成人,微風成人,做愛,成人貼圖,18成人,嘟嘟成人網,aio交友愛情館,情色文學,色情小說,色情網站,情色,A片下載,嘟嘟情人色網,成人影片,成人圖片,成人文章,成人小說,成人漫畫,視訊聊天室,a片,線上遊戲,色情遊戲,日本a片,性愛