Sabtu, November 17, 2007

Ikutan Les TOEFL

Gw ikut les bahasa inggris

Lebih tepatnya gw ikut les TOEFL

Sebenernya, gw sih ga da masalah ma bahasa inggris gw, bukannya sombong, tapi secara gw sejak kecil udah diajak ngomong ma nenek gw yang notabene adalah guru bahasa indonesia buat orang bule, meski gak perfect gw cukup pede ngomong inggris ma bule-bule itu.Tapi ortu gw kayaknya rada pesimis ma kemampuan anknya ini, dan nyuruh gw untuk ikutan les bahasa inggris bwt nambah kemampuan gw. Palagi mereka baru denger dari tante gw yang kerja di bagian divisi SDM-nya PLN Jawa Tengah, klo sekarang hampir semua BUMN punya persyaratan TOEFL dengan tingkat minimal nilai tertentu baru bisa diterima disono. Gw denger BI juga pake persyaratan gituan. Wew, repot memang....

Akhirnya disinilah gw, di SEU UNDIP, di ruang Robert Frost, tiap hari selasa, rabu dan kamis jam 16.00 selama 1,5 bulan bakal menghabiskan waktunya untuk memperdalam kemampuan inggrisnya demi mendapatkan nilai TOEFL setinggi-tingginya. Gw baru denger, kata tutor yang ngajar di SEU. klo TOEFL kita diatas 550, bakal lebih gampang buat dapetin scholarship ke luar negeri. Wew, gw lumayan ambeien...eh...ambisius jadinya.Palagi persyaratan bwt lulus dari Fak Ekonomi UNDIP, lo dituntut punya TOEFL diatas 400. Score yang sangat kecil menurut gw bwt universitas sebeken UNDIP (UNDIP beken ga sih?). Ngomong2 soal ke"beken"an UNDIP, gw pernah satu bis sama seorang bapak2 waktu perjalanan Semarang-Jogja. Gw sempet ngobrol2 ma bapak itu

Bapak : Udah kuliah dik?
Gw : Udah Pak, di Fak Ekonomi, UNDIP Semarang
Bapak : Oh, yang nomor empat itu yah *nada bicaranya sinis bgt*
Gw : *gondok setengah mati* Iya!!!

Wew, UNDIP emang cuma universitas nomor empat seIndonesia, tapi walau nomor empat ga berarti universitas kelas empat dunk!!!

Back to topic, sebelumnya gw belom pernah ikutan tes TOEFL, tapi gw pernah ikut semacam prediction TOEFL test gtu waktu SMA, cuma gw ga tau berapa score gw, soalnya gw ga liat pengumuman nilaianya. Selesai test gw langsung cabut pulang,kebelet boker soalnya. Tapi paling engga gw udah cukup tau jenis test kayak apa yang bakaln muncul pas test TOEFL ntar.Di Les TOEFL ini gw diajarin trik-trik dalam ngerjain TOEFL, dari Reading Comprehension,Grammar& Listening. Awal les, ketika materi diberikan, gw bilang dalam hati 'ah,cuma kaya gini doank', tapi menginjak ke Grammar, gw bilang 'Anjrit, kenapa jawaban gw salah semua!!'

Grammar bisa jadi hal yang gw kuasain, tapi juga jadi bahan yang paling parah bagi gw. Selama ini gw ga terlalu kesulitan ma yang namnaya Grammar, tapi di les ini gw bener2 ngrasain gimana susahnya Grammar. Ternyata banyak aturan di Grammar. harus bisa bedain phrase,clause,sub clause,sub ordinat ato apaan lah namanya. Kaya pelajaran bahas Indonesia gtu. Akhirnya gw belajar dari awal lagi untuk memperdalam Grammar gw.
Selese dengan Grammar, gw dijejelin sama Listening. Untuk Listening, gw ga terlalu kesulitan buat ngikutin, pasalnya omangan nenek gw udah bener2 mirip ma omangan bule sih, makanya untuk pre-test Listening lancar bgt.Tapi giliran disuruh praktek ngomong pake bahasa inggris, akhirnya terungkaplah kenyataan, gimana begonya orang Indonesia yang selalu ngomong sesuai tulisan yang ditulis. Gw ma 28 temen gw di kelas itu bener2 kaya bayi yang baru belajar ngomong waktu tutor gw ngasih beberapa tulisan, dan kita disuruh baca :
  1. tough
  2. though
  3. tought
  4. through
  5. thorough
Dan kita semua, cuma mangap-mangap mirip kaya orang yang epilepsinya kumat, sambil nebak2 gimana bacanya...

Akhirnya selese les, gw bener2 sadar betapa dangkalnya kemapuan bahasa inggris gw. Meski gw bisa bahasa inggris, tapi ternyata gw ga bisa bahasa inggris dengan benar. Mungkin beberapa bule yang gw ajak ngomong dulu didalam hatinya ngomong "anak ini salah minum obat kali, masa' hungry dan angry ngelafalinnya sama".
Selese les gw langsung nelepon nenek gw, minta petuah, minta nasehat dan minta diajarin bahasa inggris lebih banyak.

Well, belum terlambat untuk memulai sesuatu